TEKNIK SIPIL PNJ

Politeknik Harus Lebih Bisa

Sumber : http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=370&Itemid=54

Ditulis oleh Irwandi   

Thursday, 13 August 2009

 

 

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D menerima para Direktur Politeknik se-Indonesia di ruangannya pada Rabu (12/08).  Politeknik diharapkan menjadi satuan pendidikan tinggi terdepan dalam menjawab persoalan relevansi pendidikan. 

 

Dalam konteks itu Politeknik harus mengembangkan mutu dan kompetensinya. “Tidak ada salahnya politeknik bisa belajar berbagai bestpractice bagaimana mengembangkan content school dari mahasiswanya. Semenjak dari awal mahasiswa sudah dikenalkan budaya kewirausahan dan sektor riil. Mereka diajarkan bermimpi tentang masa depan mereka”, kata bapak Dirjen. 

 

Salah satu narasumber yang direkomendasikan oleh bapak Dirjen adalah Prof. Dr.Surna Tjahja Djajadiningrat atau lebih familiar dengan sebutan Prof. Naya.  Beliau dianggap berhasil mengembangkan model pembelajaran pengembangan kreativitas kewirausahaan mahasiswa di SBM ITB. “undang beliau ke politeknik” saran bapak Dirjen.

 

Dalam diskusi, bapak Dirjen ”mempertanyakan” kenapa Bereufesakademie Stuttgart Jerman tidak berkembang dan disambut oleh kalangan politeknik. Di Indonesia, justru VEDC Malang yang bisa memanfaatkan kerjasama melalui Joint Program BA VEDC Malang dan konsep Bereufesakademie dipakai. Padahal seharusnya politeknik lebih cocok untuk mengembangkan konsep ini. 

 

Menurut Politeknik, sistem on off Bereufesakademie kurang cocok dengan politeknik Indonesia. 

 

Dalam konteks memantapkan kompetensi mahasiswa politeknik memasuki dunia kerja,  ketimbang hanya mengandalkan modalitas magang, bapak Dirjen juga mengajak politeknik berfikir bagaimana membuat semacam simulator industri. Sehingga mahasiswa sudah memiliki bayangan dunia kerja itu seperti apa. Politeknik bisa belajar banyak dari simulator Semarang Growth Center yang sudah mendapat sertifikat IMO.

 

perencanaan-evaluasi-kinerja-jurusan.ppt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: